Sebatik Indonesia, Itulah Namanya

Posted: Mei 13, 2011 in Asuhan Keperawatan

Sebatik Indonesia, Kalimantan Timur, Menempati kedudukan pulau terluar di Utara Kalimantan Timur dan terbagi kedalam dua daulat negara, menjadikan Sebatik terasa lebih istimewa. Sebatik Indonesia itulah namanya. Keadaan pulau sebatik yang berbeda ini dan tidak semua wilayah Indonesia memiliki kondisi seperti ini. Sebatik yang bertetangga dengan salah satu kota terbesar di Malaysia yaitu Tawau, menjadi potensi yang sangat besar jika dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Keadaan alam pulau Sebatik yang mendukung, perikanan, perkebunan, perdagangan serta Minyak, Gas dan batu bara yang sedang dalam proses pembangunan tambang, menjadikan Sebatik memiliki prospek yang lebih luas ke depan.

Kancah perdagangan bebas memaksa serta mendorong untuk terus bergerak dan membangun setiap sudut potensi pulau Sebatik. Tarakan, Nunukan dan Tawau menjadi tetangga terdekat darinya. Dua Bandara Internasional mengapit Pulau Sebatik yakni Bandara Juata (Juata International Airport) di Kota Tarakan dan Tawau International Airport di Tawau, Malaysia. Dua jalur perjalanan utama dari dua Airport ini ke Sebatik tidak sampai mengambil waktu 12 jam jika sesuai dengan jadwal perjalanan akses Tarakan-Sebatik, akses perjalanan Tarakan-Sebatik dari Bandara Juata, Dengan Taxi Bandara Rp. 50.000,- (kurang lebih RM. 20.00,-) selama 15 menit ke Pelabuahn Tengkayu kemudian, dengan menggunakan Speedboat jurusan Pelabuhan Sungai Nyamuk, Sebatik, dengan harga Tiket RP 185.000,- ( kurang lebih RM. 60.00,-) perjalanan selama 2 jam 30 menit. Dan hal yang lebih muda diakses adalah Tawau-Sebatik yang bisa di akses 12 jam dan 5 hari dalam seminggu taxi Bandara Tawau RM.25.00,- (Kurang lebih Rp.65.000,-) dengan naik bus RM.10.00- ( Kurang lebih Rp 30.000,-) ke pelabuhan batu dan Speed boat ke Sebatik RM 15.00,- (kurang lebih Rp 40.000,-) ke Pelabuhan Sungai Nyamuk, Sebatik , selama kurang lebih 15 menit perjalanan.

Di pulau Sebatik terdapat 1 penginapan yaitu Pengainapan Cahaya Mulya dan 3 buah Hotel : Hotel City di Sungai Pancang, Hotel Aniar di Sungai Nyamuk, Hotel Queen di sungai Nyamuk. Tempat makan bisa ditemui Restoran Nelayan, Cafe corner, dan Bebagai Cafe lainnnya di sepanjang jalan di Sungai nyamuk dan di Komplek Kebalen Jaya.

Untuk Perbelanjaan Supermarket Kebalen jaya, untuk sarana Internet dan Komunikasi KM net dan Warnet yang tersebar di Sungai Nyamuk dan Telpon Seluler dengan jaringan baik khusus Telkomsel dan Seluler Malaysia jaringan baik untuk wilayah perfectur pantai Tanjung Karang hingga Pantai Sungai Pancang kemudian Ke atas samapai ke Aji Kuning, Sarana Kesehatan : Puskesmas Sungai Nyamuk dan Praktik Dokter, Perawat, Bidan Keamanan dan Militer : Polsek Kec. Sebatik di Sungai Nyamuk, Danramil di Sungai Pancang, Pangkalan Angkatan Laut di Pancang Pancang, dan Kotis Pos PamMarinir di Sungai Bajau.

Pasar Tradisional : Pasar Selasa Jum’at di Sungai Bajau, Pasar pagi di Sungai Nyamuk, Pasar Malam Minggu Kampung Baru dan Sungai Pancang, pasar Kamis di Aji Kuning.
Birokrasi :Kantor Desa di Masing-masing Desa Kantor Kecamatan Sebatik di Sungai Tiwan , Tanjung Karang dan Kecamatan Sebatik Barat di Liang Bunyu. Pendidikan SD, 4 buah SMA/MA/SMK, Perguruan Tinggi 2 buah Ibnu Khuldun dan PGSD Universitas Borneo Tarakan.

Tempat yang menjadi kunjungn warga lokal dan luar Sebatik : Pantai Kayu Angin, Pantai Batu Lamampu, Air Terjun Matikas dan kunjungan batas Negara, Pemandangan Bandar Tawau dari Pulau Sebatik di Pelabuhan dan Pangkalan TNI AL di Pancang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s